Konsep Dasar Tentang Gaya Dalam Ilmu Fisika


Di dalam kehidupan sehari hari tentu saja kita sudah sering kali melihat seorang penjual nasi goreng mendorong gerobaknya, seorang anak menendang bola mainan, seorang siswa mendorong meja sehingga meja berpindah, dan juga sekelompok anak yang sedang bermain tarik tambang.


Menurut ilmu fisika semua hal yang menyebabkan semua itu dinamakan dengan gaya. Apa sebenarnya gaya itu ? Marilah kita pelajari bersama-sama.

Gaya dalam ilmu fisika didefinisikan sebagai tarikan atau dorongan yang menyebabkan sebuah benda yang dikenai gaya tersebut akan mengalami perubahan posisi benda, perubahan bentuk dan juga perubahan kecepatan. Satuan gaya dalam SI adalah Newton (N) dimana 1 Newton setara dengan 100.000 dyne.

Gaya dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu gaya sentuh dan gaya tak sentuh.

Gaya sentuh adalah suatu gaya yang bekerja pada suatu benda melalui sentuhan pada permukaan benda tersebut. Contohnya : seorang anak mendorong meja, sekelompok anak bermain tarik tambang dan lain sebagainya.

Sedangkan gaya tak sentuh adalah suatu gaya yang bekerja pada suatu benda tanpa melalui sentuhan. Contohnya : gaya gravitasi bumi, gaya magnet, dan gaya listrik.

Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Newsoftpedia | Newsoftpedia Template
Copyright © 2012. Guru Rakyat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Newsoftpedia Template
Proudly powered by Blogger